Abdul R, Zhanas T, Finta A PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK HOME INDUSTRI SEBAGAI PENYANGGA UTAMA EKONOMI KELUARGA SINDUE TOBATA

Pemberdayaan Masyarakat, Potensi lokal, Kelompok usaha, Home industri, Konflik horisontal

  • Abdul Rahman Zhanas Tasya Finta Amalinda Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Program KKN-PPM merupakan kegiatan pemberdayaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui berbasis olahan potensi yang berbasis lokal di 2 Desa Kecamatan Sindue Tobata. Ke dua desa ini yang berada desa yang berbatasan dan masa lalu merupakan desa rawan konflik. Oleh sebab itu perlu berbagai pendekatan yang harus dikembangkan misalnya penyuluhan lintas sektoral, kegiatan ekonomi, yang meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga selalu terintegrasi.
Melalui program KKN-PPM ini akan mengembangkan usaha home industi yang berbasis potensi lokal yang meliputi bidang pertanian. Sedangkan pengolahan hasil pertanian meliputi pembuatan kerajinan lidi kelapa dan pembuatan olahan pisang. Diharapkan kegiatan pengolahan hasil pertanian dapat meransang tumbuhnya kelompok home industi. Dengan berkembangkan kelompok home industri akan membuka lapangan kerja baru, sehingga pengangguran berkurang. Dengan demikian masyarakat kelompok sasaran akan meningkat pendapatannya sehingga konflik horisontal tidak lagi terjadi.
Usaha yang akan dikembangkan ini terlebih dahulu dikembangakan pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan sehingga kelompok sasaran dapat berdaya. Oleh sebab itu dalam Kegiatan KKN-PPM ini akan terjadi transfer pengetahuan dan keterampilan dan penguasaan teknologi khususnya teknologi tepat guna (TTG).
Setelah mengakses pengetahuan, ketrampilan dan penguasaan teknologi khususnya Teknologi Tepat Guna (TTG) masyarakat mampu mengakses potensi yang ada dilingkungan mereka, sehingga dapat membuka pekerjaan untuk berdaya. Karena dengan kesibukan untuk berusaha diharapkan tidak lagi untuk kembali melaksanakan perkelahian antar kampung.

Published
2019-02-05