PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR DENGAN METODE PENDAMPINGAN PADA KELOMPOK KERJA GURU GUGUS XIII WILAYAH 4 PALU

  • Sudarman Sudarman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako
  • Baharuddin Baharuddin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako
  • Nurhayadi Nurhayadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako
  • Ibnu Hajar Ibnu Hajar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako
Keywords: Pendampingan, Andragogi, KKG, Konsep Matematika

Abstract

Mitra pada pengabdian ini adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus XIII Wilayah 4 Palu. Pemahaman konsep matematika guru sekolah dasar (SD) pada KKG Gugus XIII Wilayah 4 Palu rendah. Peserta pengabdian ini sebanyak 60 guru. Metode yang digunakan adalah pendampingan dengan pendekatan pembelajaran andragogi, dengan prosedur kerja: (1) penyusunan tes awal, tes akhir, tugas kelompok, dan tugas mandiri; (2) peserta mengerjakan tes awal dan pengelompokan peserta; (3) focus group discussion (FGD), (4) penyusunan bahan ajar singkat; (5) penyajian materi,
tugas kelompok, dan penyusunan rangkuman; (6) tugas mandiri; (7) kunjungan supervisi dan refleksi; dan (8) tes akhir.
Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan awal guru terhadap konsep matematika adalah 29,27 dan nilai tes akhir terhadap konsep matematika adalah 51,92. Rata-rata tes akhir lebih tinggi 22,65 dari rata-rata kemampuan awal. Hasil analisis korelasi menunjukkan terdapat hubungan positif antara nilai tes awal matematika dengan nilai tes akhir matematika yaitu r = 0,59. Hasil analisis regresi liner antara skor kemampuan awal dan skor tes akhir ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 34,32 + 0,60 X. Metode pendampingan dengan pendekatan andragogi dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi guru SD pada KKG gugus XIII Wilayah 4 Palu.

Published
2019-08-02
Section
Articles