PKM PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR RUANGAN DENGAN METODE PENDAMPINGAN PADA KKG GUGUS XV PASCA LIKUIFAKSI DI KELURAHAN BALAROA PALU SULAWESI TENGAH

  • Sudarman Bennu Universitas Tadulako
  • Akina Akina Universitas Tadulako
Keywords: Matematika, pendampingan, KKG

Abstract

Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah KKG Gugus XV Kelurahan Balaroa. Guru pada KKG Gugus XV mengalami permasalahan yaitu: (a) kurang memahami materi matematika yang dapat diajarkan dengan berbantuan objek-objek di luar ruangan kelas atau barang-barang bekas sebagai alat peraga; dan (b) kurang terampil melakukan pembelajaran matematika dengan memanfaatkan objek-objek di luar ruangan kelas atau barang-barang bekas sebagai alat peraga.

Solusi yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah metode  pendampingan dengan pendekatan andragogi. Prosedur kerja yang ditempuh adalah: (a) tes awal,  (b) focus group discussion (FGD), (c) penyajian materi pendampingan, (d) tugas mandiri, (e) supevisi, dan (f) tes akhir.

Target kegiatan meliputi: (a) guru memahami materi matematika yang dapat diajarkan dengan berbantuan objek-objek di luar ruangan kelas atau barang-barang bekas sebagai alat peraga; dan (b) guru terampil melakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan objek-objek di luar ruangan kelas atau barang-barang bekas sebagai alat peraga.

Published
2020-03-11